Sabtu, 03 Desember 2016

Kehadiran Jokowi di Monas Mendapat Apresiasi Massa


DOMINO 99 TERPERCAYA - Kehadiran Jokowi di Monas Mendapat Apresiasi Massa

Ada yang berbeda pada aksi damai 212, atau aksi bela Islam jilid III, terlihat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dalam aksi ini. Walaupun hujan mengguyur sekitar monas, nampaknya tidak menjadi halangan bagi Jokowi dan JK untuk ikut bergabung dengan peserta aksi dan melakukan salat Jumat di Monas.

Mengenakan kemeja putih, celana hitam, peci hitam dan memegang payung sendiri, Jokowi dan JK didampingi oleh beberapa jajaran pemerintahan. Terlihat pula Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukma Hakim Saifuddin, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Joko Widodo beserta rombongan berangkat dari istana pada pukul 11.30 WIB. Sebelum berangkat ke Monas, Jokowi sempat berdiskusi kecil dengan JK, apakah ia mau salat Jumat di Istana, atau ikut ke Masjid Istiqlal.

Jokowi bertanya kepada JK apakah ia mau ikut salat Jumat di Monas karena khawatir hujan akan membuatnya masuk angin. Ternyata, JK justru mengatakan ikut dengan Jokowi. “Nggak, saya ikut Bapak saja,” ucapnya.

Dikawal oleh Paspampres, rombongan Presiden datang dari arah Silang Monas, langsung menuju tenda utama yang telah disediakan.

“Alhamdulillah saat ini bersama kita telah hadir Presiden Jokowi. Kami apresiasi atas kehadiran Pak Presiden di tengah-tengah kami,” Itulah kalimat yang disampaikan seseorang melalui pengeras suara, ketika Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla tiba di Lapangan Monas mengikuti Sholat Jumat bersama massa Aksi Bela Islam III, Jumat (2/12).

Jokowi juga berkesempatan memberikan sambutan kepada massa usai sholat. “Pertama-tama terima kasih atas doa dan zikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Kedua, Jokowi mengatakan, penghargaan yang setinggi-tingginya karena seluruh jemaah yang hadir tertib dalam ketertiban sehingga acaranya bisa berjalan dengan baik. Kemudian Jokowi berseru, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.

Tak lupa Presiden Jokowi menitipkan pesan kepada jemaah, “Sekali lagi terima kasih. Selamat kembali ke tempat tinggal masing-masing,” kata Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi itu sempat disambut dengan teriakan, “Tangkap Ahok, penjarakan Ahok,” teriak beberapa peserta aksi. Beberapa saat setelah itu, Jokowi pun segera meninggalkan panggung dan kembali ke istana dalam kawalan ketat petugas keamanan.

Setelah itu, presiden dan rombongan kembali ke istana dengan berjalan kaki. Kendati dalam guyuran hujan, dalam perjalanan pulang ke istana, beberapa kali Presiden Jokowi menyapa dan melambaikan tangan kepada peserta aksi doa bersama itu.

Aksi bertajuk Bela Islam III di Lapangan Monas Jakarta, berlangsung sejak pagi. Para peserta dari berbagai daerah memenuhi lapangan Monas dan membentuk lautan manusia berwarna putih. Sementara itu, peserta lainnya tampak berada di ruas jalan silang Monas hingga di kawasan patung kuda dan jalan Thamrin.

Setelah sholat bersama itu, Jakarta diguyur hujan dan membuat para peserta berangsur meninggalkan lapangan Monas. Petugas keamanan tampak berjaga-jaga di kawasan lingkar Monas hingga di Bundaran HI. Para peserta aksi itu tampak akrab dengan para petugas.

Kehadiran Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla di tengah massa aksi itu, mendapat apresiasi para peserta aksi. “Terima kasih, saya kira kehadiran Pak Presiden sungguh baik dan menyejukan,” kata peserta aksi.

Sementara peserta lainnya mengatakan, “Ini benar-benar, aksi yang super damai. Terima kasih Pak Jokowi,” ujar peserta lainnya.

Aksi damai itu digelar dalam kaitan tuntutan kasus penistaan agama yang disangkakan kepada Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.


EmoticonEmoticon