Jumat, 02 Desember 2016

Barack Obama Tidak Ikut Serta Dalam Acara Pemakaman Fidel Castro


DOMINO 99 TERPERCAYA - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama Tidak Ikut Serta Dalam Acara Pemakaman Fidel Castro di Kuba. Tidak hanya Obama, sejumlah pemimpin negara Barat lainnya termasuk Presiden Prancis Francois Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel juga tidak akan hadir.

“Presiden tidak akan bepergian untuk menghadiri pemakaman Fidel Castro,” terang juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, Selasa (29/11/2016).

Earnest tidak menjelaskan lebih lanjut soal siapa yang akan memimpin delegasi AS yang melayat Fidel Castro ke Kuba. Di bawah kepemimpinan Obama, tepatnya tahun 2015 lalu, AS dan Kuba memulihkan hubungan diplomatik yang membeku sejak era Perang Dingin tahun 1961.

Upacara pemakaman Fidel Castro akan digelar di Revolution Square di Havana, pada Selasa (29/11) malam waktu setempat. Jenazah Fidel Castro sendiri telah dikremasi pada Sabtu (26/11) lalu.

Selain Obama, sejumlah pemimpin negara Barat lainnya telah menyatakan tidak akan hadir dalam upacara pemakaman Fidel Castro di Kuba. Salah satunya PM Kanada Justin Trudeau yang sempat dikritik karena menyebut almarhum sebagai ‘pemimpin hebat’.

Presiden Prancis Francois Hollande yang menemui Fidel Castro pada Mei 2015 lalu, juga tidak akan hadir. Prancis akan diwakili oleh utusan Amerika Latin Jean-Pierre Bel dan Menteri Lingkungan Segolene Royal.

Sementara itu, Dari kawasan Afrika, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dijadwalkan akan hadir.


EmoticonEmoticon